OLED

Organic Light Emitting Diode atau OLED adalah perangkat elektronik yang memancarkan cahaya ketika tegangan diterapkan di seluruh terminalnya. Karena senyawa organik digunakan pada lapisan tertentu di dalam perangkat, ia dikenal sebagai LED “Organik”, dibandingkan dengan LED normal yang menggunakan senyawa anorganik. Karena beberapa lapisan bersifat konduktif dan sebagian bersifat resistif, perangkat ini dikenal sebagai semi konduktor organik.

Perangkat ini dapat digunakan dalam pembuatan layar tampilan visual untuk televisi, monitor komputer dan laptop, papan display iklan, dan monitor display di kios informasi.

Sementara LCD (Liquid Crystal Displays) yang banyak digunakan saat ini membutuhkan lampu latar untuk menerangi tampilan, OLED tidak membutuhkannya. Ini sangat mengurangi kebutuhan daya OLED yang dapat berfungsi untuk waktu yang lebih lama dari sumber baterai yang sama. Selain itu, tidak adanya sirkuit backlight memungkinkan unit tampilan menjadi lebih tipis daripada tampilan tradisional.

Operasi OLED

Perangkat biasanya terdiri dari anoda, lapisan konduktif, lapisan memancarkan dan katoda. Ketika tegangan diterapkan di seluruh perangkat membuat anoda positif dan katoda bermuatan negatif, arus listrik mulai mengalir melalui perangkat. Katoda memancarkan elektron ke arah lapisan emisif, sedangkan anoda menarik elektron dari lapisan konduktif. 

Ini juga analog dengan anoda yang memasok lubang elektron ke lapisan konduktif. Lubang-lubang dan elektron didorong ke arah satu sama lain karena tegangan yang diterapkan di seluruh perangkat, dan mereka bergabung bersama pada lapisan memancarkan yang menghasilkan radiasi elektro-magnetik yang frekuensinya dalam spektrum yang terlihat. Oleh karena itu cahaya terlihat dipancarkan dari OLED. Fenomena ini disebut sebagai elektro-fluoresensi. Berbagai senyawa organik digunakan di dalam lapisan untuk menghasilkan berbagai warna cahaya.


Jika anda mencari layanan offshore baca layanan outsourcing offshore banyak yang akan anda temui disana mengenai layanan outsourcing.
OLED OLED Reviewed by Unknown on 23.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.